Visi dan Misi Kabupaten

FAKFAK BERMITRA

VISI :

“Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Fakfak yang Bermartabat, Berdaya Saing dan Sejahtera”

1. Bermartabat

Bermartabat adalah suatu masyarakat yang memiliki kewibawaan, mempunyai kedudukan yang tinggi dan memiliki jati diri serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama, nilai budaya dan nilai kebangsaan yang dapat menjamin eksistensi kehidupannya dimasa sekarang dan akan datang.

2. Berdaya Saing

Berdaya saing adalah masyarakat yang memiliki keunggulan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam dan memiliki tingkat kemampuan yang tinggi yang didukung oleh inovasi serta mampu bersaing dalam meningkatkan produktivitas guna memenuhi standart hidup yang layak dan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri.

3. Sejahtera

Sejahtera adalah suatu kehidupan masyarakat yang adil, makmur dan merata secara lahir maupun batin serta berada dalam suasana kehidupan yang aman, sentosa dan tenteram terlepas dari segala ancaman dan gangguan dalam menikmati hasil-hasil pembangunan.

 

MISI :

Untuk mewujudkan visi, diperlukan misi sebagai langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai visi yang dirumuskan kedalam 8 (delapan) langkah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut agama dan kepercayaan.
  2. Mengembangkan kapasitas sumber daya manusia melalui penyediaan akses pelayanan pendidikan yang berkualitas, murah dan berkeadilan guna menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, sehat, terampil, kreatif, produktif dan inovatif.
  3. Meningkatkan pelayanan dan derajat kesehatan yang berkualitas serta mendorong partisipasi masyarakat dalam penciptaan lingkungan yang sehat, nyaman dan bermutu.
  4. Mewujudkan perekonomian daerah yang tangguh, berdaya saing dan berkeadilan dengan bertumpu pada sumber daya lokal.
  5. Mewujudkan tata kelola pemerintah yang profesional, bersih, transparan serta akuntabel.
  6. Pemantapan kehidupan berpolitik dan hukum yang berkeadilan serta menjamin persatuan dan kesatuan dalam NKRI.
  7. Percepatan pembangunan infrstruktur wilayah yang handal dalam mendorong pembangunan berkelanjutan.
  8. Meningkatkan peran adat yang menjamin hak -hak adat dan budaya daerah serta kesejahteraan masyarakat asli Papua.